Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Sebelumnya sudah dibahas bagaimana PKL jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) dan TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif), sekarang giliran dari jurusan TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor). Sesuai dengan jurusannya TBSM (otomotif motor), kali ini akan berbagi pengalaman PKL dari salah satu siswa yang berkesempatan melaksanakan PKL di Bengkel resmi Honda AHASS HARI BARU II Cijerah.

Rafly Giffari Haiqal Ramadhan merupakan salah satu siswa SMK Assalaam Bandung dari Kelas XII TBSM 1 jurusan TBSM. Rafly dan teman timnya yaitu Muhamad Arifal Ilham, Jaka Mahdar, dan Rayhan Ananda. Pada tanggal 11 Oktober 2021 mulai menjalani masa PKL (Praktik Kerja Lapangan) di Bengkel resmi Honda AHASS HARI BARU II Cijerah. Selama menjalani masa PKL ini, Rafly dan tim dibimbing oleh salah satu mekanik dari Ahass yaitu Kang Denis, beliau sangat ramah dan percaya pada hasil pekerjaan tim kami. Kepala Bengkel, mekanik, dan karyawan lainnya sangat menerima kami dengan sepenuh hati untuk bergabung menjalani PKL, berbagi ilmu dan pengalaman khususnya saat kerja di industri maupun di bidang bisnis. Di Ahass Hari Baru II Cijerah hanya ada siswa PKL dari SMK Assalaam Bandung dan kali ini baru pertama kalinya ada siswa SMK Assalaam yang melaksanakan PKL di Ahass Hari Baru II Cijerah.

Kegiatan kami saat PKL diantaranya melakukan Servis Berkala pada sepeda motor salah satunya yaitu membersihkan dan memeriksa komponen yang ada di CVT (Continuosly Variable Transmission), sistem transmisi yang ada pada motor matic dan melakukan perbaikan lainnya seperti pada motor tipe Cub dan Sport. Kami langsung terjun mengerjakan pekerjaan ini sesuai permintaan dan keluhan konsumen, tentunya selalu dengan bimbingan Kang Denis. Kami merasa percaya diri, karena kami sudah dibekali keterampilan semasa di sekolah dan dengan adanya PKL Pra-Industri membuat keterampilan kami semakin matang, semakin mahir tentunya.

Kegiatan PKL ini merupakan pengalaman pertama bagi kami, ada suka dan duka yang kami alami. Kami sangat bahagia bisa bertemu dengan orang-orang hebat yang murah dengan ilmu dan pengalaman. Bisa mendapat teman baru dan bisa tahu segala hal tentang dunia otomotif. Namun ada juga duka yang kami alami yaitu kami harus berpisah dan mengakhiri masa PKL, masa-masa yang paling berharga bagi kami. Kami menyelesaikan PKL selama 2 bulan, akhirnya kami bisa kembali belajar di sekolah dan kembali bertemu dengan teman-teman. Berbagi ilmu dan pengalaman yang didapat saat PKL. Banyak sekali ilmu baru yang dibagikan oleh teman-teman dan sedikit ada pembeda di setiap tempat bengkel PKL.

Narasumber: Rafly Giffari Haiqal Ramadhan