Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Salah satu rutinitas siswa-siswi SMK Assalaam yaitu kegiatan Sabtu Kreatif (Saturday Fun Activity). Kegiatan sabtu kali ini diisi dengan seminar Public Speaking yang mendatangkan narasumber secara langsung dari Ganesha Public Speaking. Yaitu Iyan Sophian (Public Speaking Coach Former Radio Announcer) dan Adam Andytra (Public Speaking Coach Profesional Emcee).

Apa itu public speaking?

       Public speaking yaitu sebuah cara komunikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi di depan khalayak atau sekelompok orang. Umumnya, public speaking bertujuan untuk menyampaikan berbagai informasi, menghibur orang, dan juga mengajak atau mempengaruhi khalayak. Keterampilan public speaking dapat mendukung karir di masa depan, baik itu ketika kuliah, kerja, ataupun berwirausaha.

Mempersiapkan diri sebelum melakukan public speaking itu sangat penting, berikut ini persiapan sebelum melakukan public speaking, yaitu :

  1. Percaya Diri
  2. Tentukan Tujuan
  3. Pesan Sederhana
  4. Bangun interaksi dengan pendengar
  5. Atur nada bicara dan bahasa tubuh

Sebelum melakukan public speaking, kita juga harus memperhatikan beberapa hal. Seperti;

  1. Variasi suara
  2. Ekspresi suara
  3. Bahasa tubuh.

Ada beberapa cara agar kita percaya diri untuk berbicara di depan umum (public speaking) adalah :

  1. Latihlah untuk mengeluarkan isi pendapat di hadapan orang lain, baik itu di kelas, lab maupun dimana pun.
  2. Jika ada waktu luang gunakan untuk latihan berpidato atau berbicara di depan kaca.
  3. Hilangkan perasaan takut salah berbicara saat di depan umum atau saat public speaking.
  4. Jika sedang berbicara di depan umum agar lebih percaya diri sebaiknya mencari arah pandang titik ditengah, dimana kita merasa nyaman saat public speaking.

Setelah mendapat materi tersebut, siswa-siswi SMK Assalaam mulai mempraktikannya dengan menceritakan sejarah namanya masing-masing (History of My Name). Agar tidak jenuh, kegiatan ini juga diselingi dengan permainan yang dilakukan secara berpasangan. Siswa-siswi SMK Assalaam sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena ilmu public speaking akan sangat bermanfaat untuk masa depan.

"Kegiatan hari sabtu waktu public speaking tuh, pemateri memberikan materi tentang public speaking salah satunya ngajarin tips berbicara depan umum dari  bahasa tubuh, sikap yang benar supaya bicara di depan umum gak grogi, seperti kita harus merapatkan tangan ke badan kita supaya tidak kelihatan kita sedang gemetaran/grogi. Manfaat yang dapat saya rasakan itu dari yang tadinya gak tahu tentang public speaking jadi tahu, dapat beberapa tips juga agar berani bicara di depan umum, dan ilmu itu langsung coba saya terapkan ketika memberikan pengarahan di kegiatan school tour kemarin, karena kebetulan saya termasuk tim PPDB siswa.

Saya coba menerapkan beberapa tips dan kerasa banget gugupnya itu berkurang, saya jadi merasa lebih percaya diri. Mungkin untuk kegiatan sabtu kreatif selanjutnya saya sarankan penghijauan, dari hal-hal yang sederhana seperti menyiram tanaman atau merapikan tanaman yang ada agar lebih hijau dan lebih asri, gitu. Kalau bisa ya, tanamannya juga ditambah lagi, biar lebih indah dan enak dilihat terutama oleh tamu-tamu yang berkunjung ke SMK Assalaam." Ungkap Atep siswa kelas XI TBSM 2