Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id10 Muharram diperingati sebagai hari rayanya anak yatim. Kegiatan ini merupakan kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan di SMK Assalaam Bandung. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengajaran kepada siswa-siswi SMK Assalaam agar saling menyayangi sesama, terbiasa sedekah, terlebih menyantuni anak-anak yatim. Donatur yang menyumbang untuk kegiatan hari ini tidak hanya dari dana sekolah dan penggalangan dana oleh OSIS, tetapi juga banyak donatur eksternal yang berkontribusi.

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan siswa-siswi yang berstatus anak yatim, tapi juga mengundang ibundanya. Kegiatan ini dihadiri oleh 34 siswa-siswi yatim beserta ibundanya. Kegiatan ini dilaksanakan tepat pada tanggal 10 Muharram 1444 H (08 Agustus 2022 M), diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia dan wakasek kesiswaan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan istigasah yang dipandu oleh Pak Asep Lukman dan Pak AB Hidayat. Istigasah ini berlangsung secara khidmat dan khusyuk. Setelah istigasah, acara dilanjutkan dengan Tausyiah dari alumni pengajar SMK Assalaam yaitu Pak Dede Fuad atau lebih dikenal dengan sebutan Pak Defu. Beliau menyampaikan betapa mulianya orang yang mengurus dan menyantuni anak yatim.

Sebagaimana isi terjemahan surat Al Maun, maka dapat kita pahami dengan jelas bahwa sebagai umat muslim yang taat terhadap Allah SWT, kita tidak boleh menghardik anak yatim ataupun fakir miskin. Agar umat muslim tidak digolongkan ke dalam para pendusta agama, maka sudah sepatutnya bagi kita untuk senantiasa berbuat baik dan beramal sholeh sesuai anjuran agama. Misalnya saja dengan mengasihi anak yatim.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian santunan dan “kadeudeuh” untuk anak yatim. Alhamdulillah berkat dana dari para donatur, bingkisan pun dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan siswa-siswi. Acara pun diakhiri dengan muhasabah kepada para bunda dan guru-guru. Tidak hanya siswa-siswi SMK Assalaam yang menerima santunan ini, tetapi siswa-siswi dari SMP binaan yang berstatus anak yatim juga menrima santunan ini. Mudah-mudahan perbuatan baik kita diterima dan bermanfaat bagi penerima maupun pemberi. Sekali lagi kami ucapkan kepada para donatur yang berkontribusi dalam kegiatan ini, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.



Jurnalistik SMK Assalaam