Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Perayaan 75 tahun Indonesia merdeka tentunya akan di peringati oleh seluruh rakyat Indonesia. Tepat pada tanggal 17 Agustus 1945 silam, para pemimpin bangsa berkumpul dan Proklamator yakni Ir. Soekarno bersama Drs. Muhamad Hatta menyatakan kemerdekaan Indonesia dengan ditandai pembacaan naskah proklamasi. Perayaan hari kemerdekaan Indonesia biasanya berlangsung dengan sangat meriah di seluruh Indonesia. Termasuk di SMK Assalaam Bandung.

Namun perayaan kemerdekaan tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat Indonesia dan dunia tengah dilanda pandemi Covid-19. Sesuai dengan kebijakan pemerintah yang belum memperbolehkan peserta didik belajar tatap muka secara langsung disekolah, maka pada peringatan 75 tahun kemerdekaan tahun ini tidak diadakan lomba-lomba khas 17-an dan dialihkan dalam lomba virtual. Walaupun perayaannya dilaksanakan secara virtual dan sederhana namun tidak mengurangi makna peringatan tersebut. Kreativitas dan suguhan yang ada dalam tiap lomba peringatan ditujukan untuk mengembangkan softskill peserta didik.

Salah satu lomba untuk memperingati 75 tahun Indonesia di SMK Assalaam adalah lomba menyanyi lagu nasional secara virtual oleh peserta didik. Tangan dingin dan kreativitas guru-guru SMK Assalaam, ternyata berhasil menjadikan lomba menyanyi lagu nasional ini begitu bermakna. Berkat aplikasi karaoke di smartphone benama SMULE, peserta didik sangat antusias mengikuti lomba menyangi lagu nasional. Seperti kita ketahui, SMULE merupakan aplikasi karaoke secara virtual dan bisa di download di berbagai smartphone melalui playstore dan appstore. Aplikasi karaoke yang di rilis tahun 2008 di San Fransisco, Amerika Serikat ini sekarang sudah mencapai 52 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Biasanya aplikasi ini digunakan untuk sarana hiburan dengan bernyanyi karaoke dengan musik bergenre pop, dangdut, rock dll. Selain genre musik secara umum, ternyata aplikasi ini juga memuat lagu-lagu wajib Nasional Indonesia salah satunya lagu Hari Merdeka karya Habib Husein Mutahar. Secara khusus dalam perayaan 17 Agusutus 2020 di SMK Assalaam, aplikasi ini digunakan untuk lomba menyanyi. Tidak kurang dari 50 peserta didik yang semuanya merupakan generasi milenial ini, turut serta dalam lomba menyanyi lagu nasional. Selain bernyayi secara solo, di SMULE pun peserta didik bisa bernyayi lagu Nasional berduet dengan beberapa guru SMK Assalaam. Dengan menyanyikan lagu berkibarlah benderaku karya Ibu Sud, perserta didik dan guru antusias berkolaboratif bernyanyi lagu tersebut di aplikasi SMULE.

Pemilihan lomba menanyi lagu nasional ini, tentu saja bukan hanya sekedar untuk kegiatan ceremony saja. Namun lomba ini juga dijadikan sarana edukatif dan pengembangan nilai-nilai karakteristik bagi peserta didik. Perlu diketahui bahwa menyanyikan lagu wajib nasional ternyata bisa menumbuhkan kesadaran wawasan kebangsaan, nasionalisme, patriotisme juga meningkatkan serta membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia. Keberhasilan mengintegrasikan lagu lagu patriotik kedalam sebuah aplikasi digital moderen seperti SMULE justru menjadi daya tarik dan suasana baru tersendiri bagi peserta didik. Ini merupakan ikhtiar, agar cita-cita para pendiri bangsa (The Founding Father) bisa tercapai.