Stay informed on our news or events!

post

Kegiatan bulan bahasa ini kami adakan sebagai bentuk kecintaan kami terhadap bahasa nasional yaitu bahasa indonesia. Akan tetapi tidak hanya bahasa nasional yang kita pelajari ada juga bahasa asing dan bahasa daerah, seperti tema kegiatan ini yaitu “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Sunda, Kuasai Bahasa Inggris”. Kegiatan ini berlangsung dari mulai tanggal 22-31 oktober.

Ada 6 jenis lomba yang kami selenggarakan, yaitu Pembacaan Puisi; Biantara (pidato bahasa sunda); SUCA (Stand Up Comedy Assalaam); The Voice SMK Assalaam kategori Bahasa Indonesia; The Voice SMK Assalaam kategori Bahasa Inggris; dan drama singkat. Perlombaan diikuti oleh setiap siswa/i SMK Assalaam dari seluruh jurusan kelas X dan XI. Perlombaan dilaksanakan melalui 2 tahapan yaitu tahap pertama seleksi, dan tahap kedua final.

Tahap seleksi diselenggarakan mulai tanggal 22-29. Tahap seleksi ini bertujuan untuk mengaudisi para peserta terbaik yang layak untuk ditampilkan di acara puncak bulan bahasa (final). Banyak kejadian lucu dan menarik pada saat pelaksanaan seleksi. Berbagai macam demam panggung terlihat jelas dari masing-masing peserta lomba.

Tahap final diselenggarakan pada tanggal 31 oktober sebagai acara puncak bulan bahasa. Para finalis yang lolos pada saat tahap seleksi, mereka kembali bersaing di tahap final untuk memperebutkan gelar juara 1 dan juara umum untuk jurusan.

Tidak hanya para finalis yang tampil pada acara puncak, ada juga penampilan dari ekskul tari tradisional dan ekskul karawitan yang berhasil membuka acara dengan penampilannya yang memukau. Kemudian kami juga mengundang bintang tamu yaitu pembacaan puisi dari siswi kelas XII RPL 1 yang sudah sering menjuarai lomba pembacaan puisi yaitu Winarti. Dan diiringi oleh fingerstyle yang sangat berbakat dan sering menjuarai lomba yaitu Fauzan Abdullah kelas XII RPL 2.

Selain itu, kami juga mengundang bintang tamu spesial yang masih alumni dari SMK Assalaam yaitu kang Krisna Alumni dari jurusan RPL angkatan 2017. Beliau sekarang mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan seni musik. Bakat seni yang dimilikinya memang sudah terlihat sejak beliau masih siswa SMK Assalaam, terbukti dengan berbagai penghargaan yang diraihnya di berbagai lomba.

Setelah penampilan dari bintang tamu, tiba saatnya untuk pengumuman para juara. Juara 1 untuk lomba pembacaan puisi diraih oleh Rahman Mulyadi kelas X TBSM 1, juara 2 diraih oleh Fitria Amelia dari kelas X RPL 2. Juara 1 lomba Biantara diraih oleh Ahmad Sapaat kelas XI TBSM 1, dan juara 2 diraih oleh Fany Ramadanty kelas X RPL 1. Juara 1 lomba The Voice SMK Assalaam kategori lagu bahasa inggris diraih oleh Kayla Rahmannisa X RPL 1, dan juara 2 diraih oleh M. Rafly kelas XI TBSM 1. Juara 1 lomba The Voice SMK Assalaam kategori lagu Bahasa Indonesia diraih oleh Agil Fathurahman Guntur kelas XI TKR 1, dan juara 2 diraih oleh Nisa Aprilia Puspita kelas XI RPL 3. Juara 1 lomba SUCA (Stand Up Comedy Assalaam) diraih oleh M. Syarif Hidayat kelas X TBSM 2, dan juara 2 diraih oleh Irsyal Fauzan kelas XI RPL 2. Juara 1 lomba drama pendek diraih oleh kelas XI TBSM 2, dan juara 2 diraih oleh X RPL 3. Selain juara 1 dan 2 dari tiap lomba, panitia juga menyediakan 1 piala lagi yang diberikan secara bergilir untuk juara umum jurusan. Juara umum diraih oleh jurusan TBSM.