Stay informed on our news or events!

post

Saturday Fun Activity

 

Smkassalaambandung.sch.id - Fiqih adalah pengetahuan tentang hukum-hukum syar'I dan Shalat kewajiban utama bagi setiap orang Islam yang telah baligh. Shalat merupakan salah satu sarana yang paling utama dalam hubungan antara manusia dengan Allah SWT. Shalat juga merupakan sarana komunikasi bagi jiwa manusia dengan Allah SWT. Shalat juga mempunyai kedudukan yang sangat penting dan mendasar dalam Islam, yang tidak bisa disejajarkan dengan ibadah-ibadah yang lain. Dan disebutkan didalam Al – Qur’an :

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.“

(Q.S Al-Baqarah : 45)

Maka dari itu kita harus melaksanakan shalat dengan baik sesuai dengan apa yang sudah ditentukan. Dimulai dari rukun berwudhu sampai rukun melaksanakan shalat. Apa yang di maksud dengan rukun? Rukun adalah bagian-bagian (dasar) terbentuknya ibadah, dan ibadah tidak sah kecuali dengannya. Bedanya antara rukun dengan syarat adalah bahwa syarat mendahului ibadah dan terus bersamanya.

Setelah mendapatkan materi tentang fiqih shalat, kami dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mempraktikan materi yang sudah disampaikan sebelumnya, setiap kelompoknya dibimbing oleh guru yang akan membina/mengetes para siswa bagaimana melakukan gerakan dan bacaan shalat yang benar. "Dengan adanya kegiatan ini, kita bisa lebih teliti lagi melakukan gerakan solat yang benar, bukan hanya asal gerakan saja. Yang pastinya sangat bermanfaat untuk kita karena kita bisa memperbaiki gerakan atau bacaan shalat kita yang sebelumnya masih belum tepat dan sekarang kita bisa melakukan shalat dengan baik sesuai dengan rukun shalat." Pungkas Nabila.