Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Tanggal 29 Agustus 2020 yang bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1442, tanggal 10 Muharram ini dijadikan sebagai hari raya anak yatim. SMK Assalaam Bandung selalu mengadakan kegiatan rutin setiap tahunnya yakni kegiatan “Santunan Anak Yatim” atau yang lebih dikenal dengan sebutan “SAY”. Salah satu hal yang utama di bulan Muharram adalah bersedekah dengan menyantuni anak yatim. Selama hidupnya, baginada besar Rasulullah Saw. senantiasa menyantuni, mengasihi, dan memberikan bantuan kepada anak yatim, sehingga mereka tetap memiliki sosok dan nafkah dari seorang Ayah. Memberikan santunan kepada anak yatim menjadi rutinitas SMK ASSALAAM dalam berbagi keceriaan kepada sesama. Anak yatim merupakan amanah yang Allah berikan kepada manusia. Mereka diamanahkan untuk disantuni sebagaimana menyantuni diri sendiri dan keluarga. 

Kegiatan SAY kali ini tentu saja sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pada tahun ini kita harus beradaptasi dengan keadaan baru yang disebabkan oleh Covid-19. Meskipun dengan adanya kendala tersebut, SMK Assalaam Bandung tetap mengadakan kegiatan SAY dengan cara yang berbeda yaitu secara virtual yang diadakan melalui live Instagram @smkassalaam dan kanal YouTube  SMK Assalaam Bandung yang dapat ditonton secara langsung oleh seluruh siswa-siswi maupun orang tua wali, juga semua pengikut Instagram SMK Assalaam Bandung dalam kegiatan 10 Muharram yang bertema “Indahnya Berbagi di saat Pandemi”.

Berbagi merupakan salah satu amalan yang dapat meningakatkan amalan kita di bulan Muharram, dari berbagi kita dapat merasa bersyukur dan menghargai pemberian yang sudah Allah berikan. Juga membuat kita lebih peduli terhadap sesama terutama kepada orang-orang yang membutuhkan. Apalagi kita memberikan sebagian harta kita kepada anak yatim.

Rasulullah SAW bersabda :

“Maukah hati sanubari anda menjadi lembut dan kebutuhan anda cepat diperoleh? Maka sayangilah Anak Yatim. Usapkan kepalanya, berilah ia makan dari makananmu. Niscaya lembutlah hatimu dan engkau peroleh kebutuhanmu” H.R Thabrani.

Menyantuni anak yatim memiliki beberapa keutamaan dan manfaat bagi kita semua, seperti berikut.

  1. Mendapatkan kasih sayang dari Allah Swt.
  2. Mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani.
  3. Mendapatkan jaminan masuk surga.
  4. Mendapatkan harta yang berlimpah dan berlipat ganda.

(Sumber:https://harapanamalmulia.org/artikel/4-manfaat-menyantuni-anak-yatim-piatu/)

Dalam kegiatan ini acara dimulai dengan Pembukaan yang disampaikan oleh MC, Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, Sambutan dari Ketua pelaksana SAY dan dari Kepala Sekolah SMK Assalaam. Setelah itu, pemberian santunan kepada anak yatim oleh panitia yang bertugas. Setelah semua bingkisan diberikan, acara dilanjutkan dengan istigasah. Istigasah berlangsung secara khusyuk diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMK Assalaam, serta diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMK Assalaam secara virtual melalui live instagram. Santunan Anak Yatim ini diikuti sekitar 43 siswa Anak Yatim, yang terdiri dari Kelas X, XI, dan XII dari jurusan RPL, TKRO, dan TBSM. Selain santunan untuk anak yatim dalam kesempatan ini juga SMK Assalaam memberikan santunan dalam bentuk pulsa sebanyak 60 santunan, santunan ini diberikan kepada siswa-siswi yang didata oleh tiap wali kelas.

Kegiatan ini dapat terlaksana berkat bantuan dari beberapa donatur dermawan yang telah memberikan sebagian hartanya untuk anak-anak yatim yang bersekolah di SMK Assalaam. Semoga segala hajat yang diinginkan para donatur dapat terwujud, dan semoga selalu dalam lindungan dan keberkahan-Nya.

Penulis : Narasifa