Stay informed on our news or events!

post

smkassalaambandung.sch.id Lomba Keahlian Siswa (LKS) tingkat Kabupaten Bandung dilaksanakan pada tanggal 30 dan 31 Oktober 2019 yang bertempat di SMK BPPI Baleendah. Kegiatan lomba ini diikuti oleh seluruh SMK yang ada di Kabupaten Bandung yang di dalamnya terdapat jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Hanya 15 sekolah yang mengirimkan perwakilan siswanya mengikuti LKS ini, SMK Assalaam mengirimkan Hasan Mohamad Soleh sebagai perwakilan yang didampingi oleh Bayu Prima Yuda selaku pembimbing.

Tanggal 30 Oktober pukul 07.30 kegiatan dimulai dengan diawali oleh sambutan panitia dan peraturan perlombaan. Di sini siswa berlomba dalam pembuatan aplikasi berbasis web, dengan sistem yang hampir mirip dengan apikasi "Ruang Guru" yang di dalamnya terdapat teks editor, web server, dan aset-aset gambar (resource).

Penilaian dilakukan oleh dua juri yang ahli dibidangnya. Adapun kategori penilaiannya yaitu Design Web, Alur Web (jalan/tidak), dan interaksi web dengan pengguna.

Setiap kategori dibagi beberapa ruangan, setiap peserta disediakan PC/laptop masing-masing dan pembimbing dilarang mendampingi apalagi memberi pengarahan selama lomba berlangsung.

Kak Hasan sedikit berbagi informasi langkah-langkah dalam pembuatan aplikasi tersebut. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Framework laravel dengan bahasa pemrograman PHP.
  2. Kelengkapan teknologi, di sini para peserta dituntut untuk menggunakan Jequery (membuat web lebih interaktif), bagian ini yang membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya, karena kita dituntut untuk kreatif.
  3. Membuat alur pembuatan web.
  4. Membuat sistem login, untuk membedakan user admin dengan pengunjung web.
  5. Membuat fungsi CRUD (Create Read Update Delete).
  6. Membuat design web (meliputi: framework style, word design) yang disebut Bootstrap.

Hal ini tidak selesai dalam waktu satu hari, di hari kedua pun selesai sampai ± pukul 12.00. Kemudian dilanjutkan dengan evaluasi juri dan pengumuman juara. Pada kesempatan ini kami belum berhasil meraih juara.

Dari kegiatan lomba ini menurut kak Hasan kita yang statusnya masih pelajar jadi mendapat gambaran bagaimana dunia kerja sesungguhnya, kita dituntut untuk bekerja sesuai waktu dan aturan yang ada, walaupun kita belum menguasai program tersebut.

"Untuk adik-adik yang akan mengikuti lomba di tahun yang akan datang, kalian harus bisa belajar semua jenis pemerograman dari sekarang, istilah kerennya harus rajin 'ngulik', karena ketika mengikuti lomba kita harus siap dengan materi/ program yang baru." Ujar Kak Hasan.