Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Sila Ramadani, peraih Medali Emas OLIMPIADE MATEMATIKA NASIONAL. Latar belakang Sila mengikuti Olimpiade Matematika ini karena sertifikat atau penghargaan yang dapat dijadikan penunjang untuk Sila mendaftar ke Perguruan tinggi. Sebenarnya Sila tidak terlalu minat dalam pelajaran matematika, dikarenakan tes masuk kuliah ikut di saintek jadi harus lebih terjun ke perhitungan. Ada tips dari Sila agar saat belajar tidak cepat bosan dan cepat bisa mengerti, yaitu Sila menggunakan media belajar melalui video belajar. “Mendaftar olimpiade ini sebagai syarat untuk mengikuti SBMPTN. Tidak ditargetkan juara, karena juara itu sebagai bonus, yang penting mengikuti sebagai pengalaman.”


Proses pendaftarannya sangat singkat, pada tanggal 31 Desember, Sila menghubungi Pak Ihya untuk mendapatkan bimbingan, kemudian mencoba untuk mendaftarkan ke Olimpiade yang dilaksanakan. Karena ini tes Nasional, Jumlah peserta awal yaitu datanya lebih dari 200 peserta yang terbagi beberapa kategori yaitu SMA, SMK dan SMP. Nah! Sila Alhamdulillah bisa berada di posisi ke-3 dengan kategori peringkat gold medali. Sehingga bila di rangking, Sila mendapatkan rangking ke-3. Tapi, untuk medalinya dia mendapat medali emas.


Karena masih berada di musim pandemi, olimpiade dilaksanakan secara online. Akan tetapi yang mengadakan olimpiade ini sudah berlisensi, bukan olimpiade yang abal-abal. Lisensinya legalitas kemudian sertifikatnya dapat dipertanggung jawabkan. Jadi, proses pengerjaan tesnya dilakukan secara online dengan mengisi link yang sudah diberikan oleh panitia. Waktu yang diberikan saat perlombaan hanya 40 menit dari 40 soal. Jadi jika ada soal yang sulit dipahami, Sila akan mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Pelaksanaan lomba tidak tatap muka dan tidak berada di tempat tertentu.


Pak Ihya memberikan nasihat kepada Sila “Kamu harus jujur, karena yang namanya online itu, kan! kita setidaknya ada kesempatan untuk melihat buku, ataupun berselancar di google. Akan tetapi untuk matematika, saya rasa sangat susah untuk melihat buku karena pasti beda, jadi saya ke Sila tuh yang penting kamu tahu bentuk soalnya. Bukan mengetahui soalnya tapi paham bentuknya. Nah, jadi mengajarkan ke Sila itu ya bentuknya saja, bentuk soalnya seperti apa ketika kamu ketemu ya itu bentuknya. Kalau sama, berarti kamu sudah pernah mengerjakannya.”


Motivasi awal Sila mengikuti Olimpiade Matematika ini untuk mengumpulkan sertifikat, agar dapat mendaftar ke Perguruan Tinggi. Dimana banyaknya jumlah sertifikat akan mendapatkan point full. Dan jangan berpikir harus menang karena dalam perlombaan menang atau kalah itu sudah biasa, yang penting percaya diri untuk mengikuti kompetisi.