Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Dalam rangka memasuki tahun ajaran baru, diperlukan adanya regenerasi siswa untuk mengisi kekosongan siswa-siswi kelas XII tahun ajaran 2021/2022 yang telah lulus. Oleh karena itu diperlukan adanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Hasilnya terseleksi  siswa-siswi baru yang akan menjadi aggota baru di SMK Assalaam Bandung pada Tahun Ajaran 2021/2022.

Untuk menyambut kehadiran para siswa-siswi baru ini, diperlukan adanya pengenalan mereka terhadap lingkungannya yang baru di SMK Assalaam Bandung ini. Rangkaian kegiatan pengenalan ini dirangkum menjadi satu dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sesuai dengan Program kerja OSIS 2021/2022.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini diisi dengan sosialissasi nilai-nilai sosial, tata tertib di SMK Assalaam Bandung dan beberapa pengenalan tentang SMK Assalaam Bandung itu sendiri. Sehingga siswa-siswi baru ini akan lebih terbiasa di lingkungan SMK Assalaam Bandung.Kegiatan ini untuk melatih kekompakan, kedisiplinan dan kreativitas dalam keseharian para siswa-siswi baru tersebut.

Acara diawali dengan Pra-MPLS yang diselenggarakan secara virtual melalui live Zoom Meet pada hari Rabu (14 Juli 2021), anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pra-MPLS ini, karena saat SMP mereka sudah terbiasa belajar melalui Zoom. Pada pra-MPLS ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang didampingi oleh satu mentor siswa dan satu mentor guru yang dikumpulkan dalam grup Whatsapp.

MPLS pun dilaksanakan selama 3 hari yaitu Kamis, Jumat dan Sabtu. Acara dimulai dengan pengondisian siswa melalui grup Whatsapp oleh mentor. Dilanjutkan dengan pemaparan materi, diantaranya:

  1. Pengenalan visi dan misi SMK Assalaam

  2. Sistem pembelajaran di SMK Assalaam

  3. Tata Tertib SMK Assalaam

  4. Keassalaaman

  5. Pendidikan Karakter

  6. Pengenalan Jurusan

  7. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara yang disampaikan langsung oleh pihak kepolisian

  8. Cara Belajar Efektif

  9. Pengenalan Guru dan Karyawan

Berbeda dengan tahun sebelumnya, MPLS kali ini digabung dengan kegiatan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan ini dilaksanakan mulai hari kamis-sabtu (22-24 Juli) karena terpotong kegiatan kurban. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMK Assalaam serentakk dilaksanakan melalui live Zoom secara terpisah room kelas X, XI, dan XII, dengan dipandu oleh host dan operator kelas. Pemateri didatangkan langsung dari Kwarcab Baleendah yaitu Kak Tati Trisnawati R., S.Pd. M.Pd., Kak Acep Agus Janjani, dan Kak Tatan Munandar, S.Pd. Materi yang disampaikan pada hari pertama yaitu Gerakan dan Kepramukaan. Materi hari kedua yaitu tentang Penegak dan Saka. Materi dihari terakhir yaitu mengenai Pramuka Dulu, Kini, dan Nanti.

Berakhirnya kegiatan MPLS dan Kepramukaan ini, menandakan diterima secara resmi siswa-siswi SMK Assalaam tahun ajaran 2021/2022.