Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), dilaksanakan di SMK Assalaam Bandung bagi para siswa-siswi kelas X tahun ajaran baru. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu minggu di Aula SMK Assalaam Bandung. Kegiatan ini dipandu oleh pengurus OSIS tahun 2021-2022. PLS ini diikuti oleh 228 peserta yang dibagi menjadi 22 kelompok didampingi oleh mentor dari kelas XI. Sebelum pelaksanaan siswa-siswi baru dikumpulkan dalam kegiatan Pra-PLS untuk diberi arahan teknis, peraturan PLS, dan perkenalan panitia serta mentor kelompok.

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini diisi dengan sosialisasi nilai-nilai sosial, tata tertib di SMK Assalaam Bandung dan beberapa pengenalan tentang SMK Assalaam Bandung itu sendiri. Sehingga siswa-siswi baru ini akan lebih terbiasa di lingkungan SMK Assalaam Bandung. Kegiatan ini untuk melatih kekompakan, kedisiplinan dan kreativitas dalam keseharian para siswa-siswi baru tersebut.

Kegiatan PLS hari pertama diisi dengan upacara pembukaan yang disambut oleh Kepala Sekolah SMK Assalaam, juga pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan Oleh Linda Setiawati XI RPL 1 dan Aisha Rachmalia Hakim. Kemudian materi pengenalan Ke-Assalaam-an agar siswa-siswi baru mengenal seluk beluk Assalaam. Setelah itu siswa-siswi juga diberi materi terkait Kurikulum SMK Assalaam, yang mana sudah menggunakan Kurikulum Merdeka juga Kurikulum Industri. Hari kedua diisi dengan materi Kesiswaan, Hubin, juga pengenalan guru dan karyawan yang ada di SMK Assalaam. Kegiatan di hari kedua ini, selain materi juga diselingi oleh pembuatan yel-yel kelompok, untuk menunjukkan betapa kreatif, kompak, dan semangatnya tiap kelompok.

Di hari ketiga, peserta PLS diberikan tantangan agar tidak membawa tas atau istilahnya “One Day No Bag”. Peserta PLS dituntut untuk lebih kreatif menggunakan benda-benda selain tas untuk membawa barang bawaannya, ada yang membawa kresek, kardus bekas, ada yang sangat mencuri perhatian yaitu membawa ‘Truk Oleng’ milik adikya. Hari ketiga ini diisi dengan pengenalan jurusan, di sini peserta berpisah dulu dari kelompoknya dan bergabung dengan teman satu jurusan, dipandu oleh moderator dan tim produktif.

Hari keempat ini mendatangkan pemateri dari luar yaitu materi Kepramukaan dari Pramuka Kwarcab Dayeuh Kolot. Dan materi pengenalan e-sport dari Garudaku. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Selain materi, peserta juga dipilih untuk menampilkan yel-yel kelompok, meski terlihat malu, grogi, tapi para peserta tetap bersemangat untuk menampilkan penampilan terbaiknya.

Hari kelima diisi dengan materi Adiwiyata dan penerapan Budaya Industri 5S/5R. Dilanjutkan dengan materi dari kepolisian yang diberikan oleh IPTU Agus Yunus Nugraha (Panit Binmas) dari Polsek Dayeuh Kolot, beliau menyampaikan materi tentang kenakalan remaja dan konsekuensinya. Di hari kelima ini disampaikan juga hal yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta PLS yaitu pembagian kelas dan perkenalan dengan wali kelas.

Hari terakhir diisi dengan penyuluhan dari Puskesmas Cangkuang betapa pentingnya menjalani hidup sehat, misalnya dengan memakan makanan yang bergizi. Selain itu tim puskesmas juga mengadakan pemeriksaan gratis untuk cek tensi darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat bagi siswa, guru, dan karyawan. Acara ini ditutup dengan demo Ekstrakurikuler, berbagai ekskul yang ada di SMK Assalaam menampilkan bakatnya. Di penutupan ini, diumumkan peserta yang berprestasi kemudian diberi penghargaan berupa sertifikat dan hadiah. Ditutup dengan selebrasi tanda resmi diterimanya di SMK Assalaam yang dipandu oleh OSIS dan Mentor. Sungguh, PLS ini adalah momen yang sangat berkesan dan tak akan terlupakan.

 

 

Jurnalistik SMK Assalaam