Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Penilaian Akhir Semester (PAS) dilaksanakan mulai tanggal 06 Desember s.d 14 Desember 2021. Dengan dibagi menjadi beberapa sesi yaitu, kelas XII RPL melaksanakan PAS mulai tanggal 06-09 Desember, untuk kelas X dan XI PAS dilaksanakan mulai tanggal 06-11 Desember, dan untuk kelas XII TBSM dan TKRO PAS dilaksanakan mulai tanggal 10-14 Desember, yang dibagi menjadi dua shift, pagi dan siang secara bergiliran tiga hari sekali. Penilaian Akhir Semester ini dilaksanakan secara langsung di sekolah (luring), dengan pengerjaan soal secara CBT (Computer Based Test) yang dapat diakses menggunakan ponsel. Persiapan yang harus disiapkan pastinya jaringan atau koneksi internet (kuota) yang baik dan daya ponsel yang sudah terisi penuh dari rumah.

Karena PAS ini dilaksanakan di Sekolah, maka setiap siswa akan dibagi ke dalam beberapa ruangan, yakni ruang 01-14 yang mana dalam satu ruangan hanya diisi oleh 20 siswa. Setiap ruangan akan diawasi oleh satu orang pengawas (guru). Sebelum siswa mengerjakan soal yang diakses dari Classroom masing-masing, pengawas akan membacakan Tata Tertib pelaksanaan PAS, diantaranya yaitu tetap memperhatikan protokol kesehatan karena kondisi ini masih pada masa pandemi, barisan kursi yang sudah sesuai dengan aturan jaga jarak. Walaupun menggunakan ponsel siswa hanya diijinkan untuk membuka aplikasi Google Classroom, apabila ada siswa yang membuka aplikasi lain, maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Kendala yang sering terjadi saat PAS ialah koneksi jaringan, kadang ada dua soal yang sama, gambar tidak muncul dalam soal yang bergambar, salah satu pilihan jawaban menghilang dan masih banyak lagi. Sehingga halaman form soal harus sering di refresh atau di reload, agar form soal normal. Ada juga siswa yang terkendala oleh habis kuota ditengah-tengah pengerjaan soal, tetapi kendala ini masih dapat diatasi dengan adanya wifi sekolah, setiap siswa sudah diberikan username untuk mengakses wifi manapun. Sehingga PAS pun dapat berjalan kembali dengan lancar sesuai keinginan. Untuk kendala soal sulit, itu merupakan hal yang wajar, karena jika kita memahami materi dengan baik soal sulit pun akan terasa mudah, selalu ada jalan penyelesaiannya.

Jika dibandingkan dengan PAS tahun lalu, PAS dilaksanakan full dari rumah, sehingga siswa kurang disiplin dalam hal berpakaian, tidak tepat waktu saat mengisi presensi, bahkan banyak sekali siswa yang terlambat dan tidak dapat mengisi presensi karena batas waktu telah habis. Sedangkan di sekolah, siswa diwajibkan untuk datang 15 menit sebelum jadwal yang ditentukan, jika ada siswa yang terlambat maka siswa tersebut akan diberikan sanksi dipulangkan dan tidak dapat mengikuti ujian di hari itu. Hal ini ditujukan untukelatih kedisiplinan siswa sejak dini, sebagai bekal soft skill etos kerja yg dibentuk dari bangku sekolah. Untuk pakaian, siswa diwajibkan menggunakan pakaian yang telah ditentukan oleh aturan sekolah dengan rapi dan lengkap, bila tidak lengkap maka akan ada sanksi yang diberikan. Dengan adanya pengawas atau pun tidak, tidak akan mempengaruhi nilai kejujuran seseorang. Orang jujur akan merasa berdosa ketika melakukan sebuah kecurangan, diketahui maupun tidak oleh orang lain.