Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Rabu, 08 Desember 2021 adalah jadwal Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah (PPKS) yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi. SMK Assalaam mendapat jadwal siang hari, sedangkan jadwal paginya ke SMK tetangga.

Informasi terkait PPKKS ini telah disampaikan melalui surat edaran sebulan sebelumnya. Sehingga Kepala Sekolah beserta tim dapat mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam penilaian sesuai dengan indikator penilaian yang sudah ditentukan. Terdapat 8 indikator penilaian, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Pendidik, Standar Sarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian.

Pengawas yang bertugas sebagai assesor berjumlah dua orang yaitu Ibu Dra. Hj. Lala Susilawati, M.M.Pd. selaku pengawas SMK Kabupaten Bandung dan Pak Tatat Sudrajat, S.Pd. Sebelum dilaksanakan penilaian, MC membuka acara dengan berdoa dan mempersilakan Assesor untuk memberikan beberapa sambutan. Adapun isi sambutannya yaitu berkaitan dengan PKG (Penilaian Kerja Guru) yang dinilai oleh Kepala Sekolah dan PPKKS (Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah) yang dinilai oleh Pengawas Sekolah dari Dinas Pendidikan Provinsi.

Selesai sambutan, Kepala Sekolah mempresentasikan Kondisi Sekolah dimulai dengan pemaparan visi dan misi sekolah; kurikulum sekolah yang sudah mengikuti standar kebutuhan industri untuk mata pelajaran produktif; proses Kegiatan Belajar Mengajar mengikuti aturan dinas 50% PTM, 50% Daring, guru pun menyiapkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan daring maupun luring; bagian kesiswaan menggunakan aturan yang sesuai dengan ajaran islam, seperti membiasakan salat berjamaah wajib maupun sunah, membiasakan siswa agar mempunyai nilai disiplin yang tinggi, memiliki rasa nasionalisme dan religius, untuk peminatan ekstrakurikuler masih dilaksanakan secara daring; program Raport Bulanan yang langsung disampaikan oleh wali kelas kepada setiap orang tua siswa; menggunakan aplikasi SIM Assalaam sebagai media informasi sekolah yang dapat diakses oleh siswa maupun orang tua; program Saturday Fun Activity; dan siswa diberikan buku keassalaaman yang mana didalamnya terdapat sejarah, ilmu tauhid, dan jenis-jenis ibadah yang sangat bermanfaat bagi pembacanya, buku ini juga disusun langsung oleh Kepala Sekolah SMK Assalaam bersama timnya. Walaupun pandemi, SMK Assalaam tetap mengadakan kegiatan sekolah namun berbasis daring, seperti Raport Keaktifan yang selalu diberikan tiap minggu kepada orang tua, Penerapan Pendidikan Karakter seperti Senin Disiplin, Rabu Keluarga dan Jumat Religi.

Untuk bidang Hubin ada program Prakerin, Ujikom, BKK (Bursa Kerja Khusus), pelatihan kerja, pelatihan ujian masuk Perguruan Tinggi, ada juga penyaluran kerja langsung ke perusahaan-perusahaan yang sebelumnya sudah dilakukan MoU. Informasi terkait lowongan pekerjaan selalu di update tiap minggu melalui akun instagram @bkkidaman. Sarana pun dikembangkan menjadi lebih lengkap dan lebih mutakhir, sesuai dengan kebutuhan kondisi saat ini. Selain program-program yang sudah ada, SMK Assalaam juga mempunyai beberapa rencana pengembangan seperti, Mengubah kendaraan bahan bakar menjadi listrik (bidang otomotif); bukan lagi sebagai programmer tapi dikembangkan menjadi start up (bidang RPL); pelatihan soft skill dunia kerja; memiliki aplikasi penyalur tenaga kerja sendiri; dan merancang aplikasi sarana dan prasarana.

Setelah rincian program sekolah dipresentasikan oleh kepala sekolah, tiba saatnya acara yang ditunggu-tunggu yaitu penilaian hasil kerja kepala sekolah. Teknis penilaian ini dilakukan secara bergantian untuk tiap standar, dimana setiap standar mempresentasikan dan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada tim assesor.

Dimulai dengan standar 1 yaitu Standar Isi, kemudian dilanjutkan standar-standar berikutnya sampai Standar Penilaian yang terakhir. Penilian ini berlangsung secara singkat, karena setiap standar sudah melengkapi tiap indikatornya, sesuai dengan kebutuhan penilaian. Selain penilaian hasil kerja juga ada penilaian oleh siswa langsung, dengan menyebar angket mengenai kinerja Kepala Sekolah. Di akhir acara langsung diumumkan perolehan nilai yang disampaikan oleh Bu Lala yaitu dengan perolehan total skor 95,3 dengan predikat “Amat Baik”.

Selain mendapat nilai, Assesor juga memberikan beberapa masukan. "Mendapat nilai yang tinggi ini bukan untuk menjadikan lalai tapi agar lebih baik lagi kedepannya. Pertahankan kerja sama yang sudah baik ini. Saya berikan tantangan kepada tim RPL, untuk mengembangkan aplikasi SIM Assalaam untuk wali kelas, project ini dikerjakan oleh siswa kelas XI atau kelas XII. Jika mendapat project dari industri, jangan tolak projeknya. Jadikan project yang diberikan industri sebagai project capaian siswa. Bukan mengambil pekerjaannya tapi mengambil langkah-langkah pekerjaannya, sehingga tidak terikat dengan deadline. Kembangkan kurikulumnya menjadi Kurikulum Prototype atau Pembelajaran Paradigma Baru. Tambah personel guru BK karena akan banyak kemudahan yang didapat dari program BK. Dapat menambah kompetensi keahlian, misalnya di sini kan banyak alat berat jadi bisa menambah Kompetensi Alat Berat. Jurusan RPL juga bisa menciptakan Industri Kreatif, misalnya membuat sebuah program." Pungkas Pak Tatat.