Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Salah satu kelebihan SMK yaitu adanya program PKL (Praktik Kerja Lapangan). Di SMK Assalaam Program PKL dilakukan dua kali, yaitu PKL Pra Industri (dilaksanakan di sekolah dengan tujuan pematangan siswa agar lebih siap untuk PKL di Industri) dan PKL Industri yang mana sekolah langsung menyalurkan ke Industri-industri yang sudah terikat kerjasama (MoU). PKL Pra Industri dilaksanakan selama 30 hari pada masa liburan kenaikan kelas, yaitu ketika kelas XI yang naik kelas XII. Kemudian PKL Industri dilaksanakan mulai bulan September hingga November. Salah satunya yaitu dari Jurusan RPL yang berkesempatan PKL di I-commits.

Siswa-siswi yang berhasil diterima PKL di I-commits yaitu Silvi Lestari (XII RPL 2), Farid Ahmad Fadhilah (XII RPL 1), Azhar Rizky Aulia (XII RPL 3), dan Aziz Tubagus Taufik Hirzi (XII RPL 3). Walaupun PKL ini langsung disalurkan oleh sekolah, siswa tidak perlu mencari tempat PKL. Namun prosedurnya dilaksanakan seperti melamar kerja untuk pembiasaan siswa. Seperti yang diutarakan oleh Silvi berikut, "Awalnya kami deg-degan sekali ketika memberikan surat permohonan PKL ke I-commits, setelah kami sampai di sana kami bertemu Kang Anto, kemudian kami di interview. Saat kami di interview kami merasa terlalu banyak melakukan kesalahan karena buat kami ini adalah pertama kalinya dan banyak hal yang diluar dugaan. Dugaan awal, kami hanya akan melakukan survey tempat PKL saja dan kami tidak menyangka kalau interviewnya akan sama seperti interview jika ingin melamar pekerjaan, walaupun begitu akhirnya kami tetap diterima untuk PKL di icommits."

Selama PKL di icommits, siswa-siswi PKL dibimbing oleh Kang ikhsan, Kang Dwi, beserta senior-senior yang ada di icommits. Selama PKL kegiatan kami wajib datang ke kantor pada hari selasa, kamis, dan sabtu, saat dikantor ada sesi untuk diskusi. Kami juga mendapat mentoring dari sisi keagamaan, mengerjakan projek yang sudah diberikan icommits. Setiap harinya kami wajib melaporkan apa yang sudah kami kerjakan dan apa yang akan dikerjakan besok (jurnal). Setiap hari sabtu kami rutin melakukan evaluasi dengan Kang Ikhsan dari proses pembuatan/pengembangan projek dan kami harus mempresentasikan perkembangan projek kami, setelah melakukan evaluasi kami diajak oleh senior-senior ke GOR untuk bermain badminton bersama, kegiatan ini sangat berkesan bagi kami, karena kami bisa refreshing sejenak.

Saat ini kami sedang mengerjakan projek pembuatan website, yang mana Silvi dan Farid Membuat Website Panti Asuhan sedangkan Azhar beserta Aziz membuat Website Edukasi Matematika Biologi. Projek yang kami buat progresnya kurang lebih 90%. dalam pengerjaan website kami banyak dibantu dan dibimbing oleh pembimbing kami.

Suka duka yang kami rasakan saat PKL adalah kami mendapat tekanan yang lumayan berat seperti harus mengerjakan dan melaporkan setiap harinya apa yang sudah kami kerjakan, kami juga harus belajar untuk aktif, mengemukakan pendapat, dan terkadang kami harus mempresentasikan pendapat yang kami lontarkan. Kami juga harus mengerjakan tugas dari sekolah, itu artinya kami harus pintar mengatur waktu. Tapi dari tekanan-tekanan tersebut ada hal positifnya juga, kami mendapat pengalaman lebih, kami bisa menjadi lebih baik, baik dari segi Skill Public Speaking, Skill Coding, skill untuk memanajamen waktu, dan lainnya.

Kami sangat berterima kasih kepada senior-senior di icommits yang telah membimbing kami menjadi lebih baik, dan juga kami berterima kasih karena kami mendapat banyak pengalaman berharga yang tidak akan kami lupakan.