Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id -  Di bulan Agustus ini terdapat dua kegiatan yang dilaksanakan di SMK Assalaam, yaitu Santunan Anak Yatim dan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77. Kegiatan ini mengusung tema negara yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” dengan tujuan agar Indonesia kita lebih cepat untuk pulih dari segara virus dan permasalahan ekonomi, juga lebih kuat untuk bangkit dari segala keterpurukkan.

Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di SMK Assalaam dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus yaitu dimulai dengan pendaftaran lomba-lomba yang akan dilaksanakan untuk memeriahkan kegiatan kemerdekaan ini. Terdapat beberapa jenis perlombaan untuk siswa dan guru, diantaranya : Lomba siswa, futsal dengan menggunakan sarung, lomba makan kerupuk, lomba estafet air, lomba balap karung, pertandingan e-sport Mobile Legend secara tim, lomba membuat slogan sekolah, dan lomba menghias pintu kelas (gapura kelas); lomba untuk guru dan karyawan yaitu estafet air, estafet bola untuk ibu-ibu, dan futsal dengan menggunakan sarung untuk bapak-bapak. Kegiatan ini dipandu oleh OSIS.

Pertandingan futsal dan e-sport dilakukan lebih awal (15 Agustus) karena harus melalui babak penyisihan, semi final, dan final. Para siswa sangat antusias mengikuti pertandingan ini, dalam pertandingan e-sport walaupun setiap tim harus berjuang mempertahankan kubunya dan harus berkorban kuota tapi tidak mematahkan semangat mereka dalam mengikuti pertandingan. Sedangkan dalam pertandingan futsal, para pemain harus berjuang untuk mencetak goal ke gawang lawan walaupun terkendala gerak tidak bisa fleksible karena terhalang sarung yang mereka gunakan. Tak sedikit para pemain berjatuhan karena tersandung sarung sendiri maupun sarung lawan, tetapi mereka berusaha bangkit untuk menang dan berusaha sportif dalam bermain. Selasar kelas pun seketika berubah menjadi tribun, para suporter tidak henti-hentinya menyemangati para pemain yang bertanding.

Tiba saatnya pada puncak acara (18 Agustus) dimana semua perlombaan akan dilaksanakan. Seperti rutinitas pagi sebelumnya yaitu kegiatan salat Duha bersama dan doa pagi tetap dilaksanakan. Setelah itu siswa diarahkan untuk sarapan dan bersiap mengikuti pembukaan perayaan Hari Kemerdekaan ini. Kegiatan ini diawali dengan parade kontingen dari tiap jurusan, tiap kontingen memakai properti 17-an yang menjadi ciri khas masing-masing kontingen. Walaupun hanya di sekolah, parade ini tidak kalah meriah dengan parade yang dilakukan dijalanan.

Setelah pembukaan yang diisi dengan sambutan wakasek Kesiswaan dan ketua panitia, dalam pembukaan ini disampaikan juga panduan teknis tiap lomba. Lomba diawali dengan lomba makan kerupuk yang berbarengan dengan futsal sarung. Kemudian lomba estafet air berbarengan dengan lomba balap karung. Setelahnya perlombaan untuk guru dan karyawan, ternyata guru dan karyawan lebih antusias mengikuti lomba dibanding siswa-siswi, mungkin sambil mengenang kegiatan 17-an masa sekolah.

Kemudian perlombaan masih dilanjutkan dengan futsal sarung yang memasuki babak semi final. Pertandingan mulai memanas pada semi final ini, setiap tim pertahanannya makin kuat, tak jarang pemainnya juga tersulut emosi. Tapi tidak sampai melakukan pelanggaran-pelanggaran yang berlebihan. Di babak final menyisakan pemain dari kelas XI TBSM 1 dan X RPL 1. Pertandingan ini sama kuatnya, hingga pertandingan berlangsung selama 4 putaran tetap dengan hasil 0-0, pertandingan berlangsung secara sengit, suporter semakin bersemangat. Sehingga dilakukan adu gulgulan yang membuat pertandingan ini semakin meneganggkan. Pemain yang mendapat kesempatan untuk menecetak goal pertama kali mengalami kegagalan, tendangannya terlalu keras sehingga bola melambung keatas mistar gawang. Pertandingan semakin menegangkan ketika pemain dari X RPL 1 berhasil menghasilkan 2 goal, goal ini sekaligus menyatakan mereka sebagai sang juara.

Selebrasi pun dilakukan oleh para suporter dengan menyanyikan lagu untuk tim kebanggaannya. Kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah untuk para juara dan foto bersama.

SMK Assalaam : Berkarya dengan logika, Mencari ilmu dengan ikhlas.



Jurnalistik SMK Assalaam