Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - PAT (Penilaian Akhir Tahun) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh setiap sekolah untuk mengambil nilai akhir semester genap/ syarat kenaikan kelas. PAT ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pencapaian kompetensi siswa setelah mengikuti pembelajaran selama satu semester. PAT kali ini harus dilakukan secara online oleh beberapa sekolah, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi setiap sekolah untuk melaksankannya. PAT tahun ini pun menjadi tantangan tersendiri, tidak hanya untuk siswa saja melainkan para guru beserta orang tua siswa. Beberapa Sekolah di kota Bandung ada yang melaksanakan PAT secara online (daring) maupun offline (luring), tetapi dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh setiap sekolah.

Pada tanggal 7 sampai 12 Juni 2021, SMK Assalaam Bandung melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun ajaran 2020/2021 yang dilaksanakan selama 7 hari secara daring. Selama 7 hari dalam seharinya siswa mengerjakan soal sebanyak dua mata pelajaran. Soal-soal yang diujikan dapat diakses oleh siswa melalui Google Form yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Kegiatan PAT di SMK Assalaam Bandung dilaksanakan mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Meskipun pelaksanaan PAT dilakukan secara daring tidak pernah terlepas dari pemantauan wali kelas melalui grup Whatsapp. Sebelum melaksankan kegiatan PAT, setiap wali kelas terlebih dahulu akan memastikan apakah siswanya bisa mengikuti PAT atau tidak, dengan melakukan absen di grup Whatsapp kelas masing-masing. Kegiatan PAT dimulai pada pukul 08.00-10.00 WIB untuk mata pelajaran pertama, lalu diberikan waktu istirahat selama 30 menit dan pada pukul 10.30-12.00 WIB siswa melaksanakan PAT untuk mata pelajaran kedua dengan melakukan absen terlebih dahulu pada link yang telah dibagikan oleh panitia ujian.

Ketika ujian Ada beberapa kendala teknis, tetapi hal tersebut dapat diatasi oleh siswa, Ujian PAT berlangsung dengan sangat Kondusif”. Ujar salah satu murid

Meskipun ada sedikit kendala teknis, pihak sekolah dapat menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga tidak ada siswa yang tertinggal ujian PAT. Sehingga PAT dapat terlaksana sampai jadwal terakhir. Walaupun PAT dilaksanakan secara daring, sekolah tetap menjunjung tinggi nilai kejujuran.