Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Pandemi virus Covid-19 ini membuat proses pembelajaran tatap muka dijenjang pendidikan harus terpaksa dihentikan. Pada masa pandemi ini pemerintah menetapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), PJJ adalah upaya agar pembelajaran bisa dijalankan dengan baik walaupun menggunakan sistem yang berbeda. Maka dari itu pada tahun ajaran baru 2020-2021 dijenjang pendidikan sedang menjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Bukan hanya pembelajaran, tetapi ujian PTS dan PAT dilakukan secara online dengan Google Classroom. Google Classroom adalah layanan web yang dikembangkan oleh Google sebagai ruang belajar online, yang bertujuan untuk menyederhanakan, membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa kertas. Tujuan utama Google Classroom adalah untuk memudahkan proses berbagi file antara guru dan siswa.

Siswa melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti halnya di sekolah, dengan menggunakan aplikasi online Google Classroom. Masing-masing siswa diberikan akun Google Classroom oleh sekolah. Setiap pagi sebelum melakukan PJJ, siswa-siswi SMK Assalaam membiasakan dengan membaca doa pagi dan doa sebelum belajar, setelah itu siswa login Google Classroom dengan kelas dan jadwal pelajaran yang sudah ditentukan. Jam pertama dilaksanakan dari pukul 08.00-09.00, istirahat dilaksanakan dari pukul 09.00-09.30 dan masuk jam kedua pukul 09.30-10.30 setelah itu ditutup dengan doa sesudah belajar. Tidak hanya itu siswa juga diharuskan untuk dapat aktif bertanya pada forum kelasnya masing-masing. Selain proses pembelajaran, SMK Assalaam juga memberikan tugas pendidikan karakter kepada siswa-siswi agar lebih disiplin. Dengan adanya pandemi ini membuat siswa-siswi tidak dapat melaksanakan kegiatan rutin keagamaan di sekolah maka dari itu siswa-siswi dapat melaksanakannya di rumah dengan mengisi jurnal keagamaannya.

Dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tidak selalu berjalan secara lancar. Ada beberapa kendala yang dirasakan oleh siswa-siswi seperti adanya gangguan pada jaringan ponsel, sehingga terkadang mengganggu pembelajaran, waktu belajar yang lebih singkat menjadi kurang efektif, susahnya memahami materi karena cara belajar yang tidak bertatap muka; pengakuan salah seorang siswa.

Selain kendala yang banyak terjadi, juga terdapat beberapa kelebihan dalam proses PJJ ini yang dirasakan oleh siswa-siswi salah satunya pembelajaran dapat dilakukan dimana saja, tanpa harus terbatas ruangan dan meski terpisah jarak jauh, salah satunya dapat mencegah penularan Covid-19. Pelaksanaan PJJ di SMK Assalaam juga bisa dikatakan lebih unggul dari sekolah lain, terlihat mulai dari platform Classroom yang sudah ter-manage dengan baik. Untuk menunjang kelancaran proses PJJ ini juga, siswa dibuatkan akun khusus.

Selain pembelajaran dari mata pelajaran normatif, adaptif, dan produktif. Di SMK Assalaam diberikan pendidikan tambahan yaitu pendidikan karakter yang dijadwalkan sebagai Senin Disiplin, tujuannya agar siswa tetap menerapkan kedisiplinan walaupun belajar dari rumah; Rabu Keluarga, tujuannya untuk mempererat hubungan dan keharmonisan dalam keluarga; Jumat Berkah, tujuannya untuk menumbuhkan sikap religius siswa.

Walaupun terdapat kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tetapi pendidikan harus tetap dilaksanakan sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi, karena tidak mungkin apabila pendidikan harus dihentikan. Maka dari itu, kita sebagai siswa-siswi SMK Assalaam harus melaksanakan PJJ sebaik mungkin agar pelaksanaan pendidikan tetap berjalan dengan baik, semoga pandemi Covid-19 segera berakhir agar pendidikan bisa berjalan seperti sebelumnya dan bisa bertatap muka secara langsung.