Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Bulan Muharram merupakan bulan awal dalam tahun Hijriah. Bulan Muharram juga termasuk salah satu dari 4 bulan yang dihormati,  diantaranya Zulqaidah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Pada bulan Muharram, umat Islam memasuki tahun barunya yakni tanggal 1 Muharram.

Sejarah tahun Hijriah dimulai pada saat Khalifah Umar bin Khattab. Saat itu, banyak orang yang mengeluhkan tentang penanggalan yang seringkali tidak konsisten. Sebelum kalender Hijriah terbentuk, umat Islam menggunakan sejumlah peristiwa penting sebagai penanda waktu seperti tahun Gajah dan tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Umar bin Khattab lalu membuat sistem penanggalan Islam yang dimulai dari tahun saat Nabi Muhammad SAW hijrah atau pindah dari Makkah ke Madinah, inilah yang menjadi asal nama Hijriah. Tahun pertama Hijriah merupakan tahun saat Rasulullah Hijriah, yakni pada 622 Masehi.

(Sumber: https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200819151955-66-537366/seluk-beluk-tahun-baru-islam-dan-bulan-muharram)

Umat islam merayakan tradisi tahun baru Hijriah dengan cara yang berbeda-beda. Beberapa tradisi menyambut tahun baru Islam di Indonesia ini memadukan unsur agama dan budaya setempat. Kali ini 1 Muharram bertepatan dengan hari Kamis, 20 Agustus 2020. Umat islam dapat menjadikan momen tahun baru Islam ini untuk menambah keimanan dan ketakwaan, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tradisi tahun baru Islam dilakukan menjelang pergantian tahun, saat pergantian tahun, dan juga setelah pergantian tahun. Di Indonesia banyak sekali macam-macam perayaan di berbagai daerah. Khususnya di daerah Kabupaten Bandung biasanya mengadakan pawai obor di malam hari, mengadakan acara berdzikir bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Berdoa, bermuhasabah bersama, dan sebagainya.

Namun pada perayaan tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun Hijriah kali ini kita harus beradaptasi dengan suasana yang tidak bisa seramai dulu, yaitu kita harus beradaptasi (New normal)  dengan pandemi Covid-19, sejumlah tradisi tahun baru Islam terpaksa tidak bisa dilakukan. Tetapi, ada juga yang melakukan tradisi tersebut  dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti halnya menggunakan masker, berjaga jarak, dan mencuci tangan. Jangan khawatir kita sebagai siswa dan siswi SMK Assalaam Bandung tetap bisa merayakan tahun baru Hijriah 1442 dengan cara berdoa, berdzikir, dan bersholawat bersama menggunakan aplikasi online.

Bukan hanya perayaan saja yang dapat kita lakukan selaku umat muslim dalam memperingati tahun baru Islam ini. Ada beberapa keutamaan di bulan Muharram ini yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan amalan kita, seperti :

  1. Membaca Doa akhir dan awal tahun baru Islam.
  2. Menjalankan ibadah puasa.
  3. Memperbanyak amal shaleh.
  4. Muhasabah atau introspeksi diri dengan bertaubat dan memperbaiki diri.
  5. Memperbanyak sedekah.

Banyak sekali kegiatan positif lainnya yang dapat kita lakukan di bulan yang baik dan penuh berkah ini. Tahun baru hijriah ini adalah momen yang tepat untuk memanjatkan doa yang mustajab, pengharapan agar kondisi bumi semakin membaik dan Kembali normal, pengharapan agar kita semua diberikan kekuatan dan ketabahan untuk menjalani kondisi sekarang. Semoga girah Muharram tetap tertanam untuk mempertebal keimanan, memperbanyak ibadah, membiasakan diri berbuat baik demi meraih ridha Allah Swt.

Penulis: Narasifa