Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Saat ini rekrutmen untuk magang dilakukan secara mandiri dengan status lulus dari SMK. Proses rekrutmen dilakukan di SMK, dengan status peserta seleksi/calon yaitu sebagai siswa Sekolah Kejuruan. Tujuan utama dari rekrutmen ini yaitu mendapatkan kandidat yang kemungkinan besar cocok dengan kompetensi yang dibutuhkan dan meningkatkan citra Mitsubishi dalam CSR masyarakat.

 

Rekrutmen magang ini hanya memberikan kuota sejumlah 100 siswa. Untuk wilayah Bandung hanya terpilih 2 SMK, salah satunya SMK Assalaam Bandung. Tes fisik ini dilaksanakan selama satu minggu mulai tanggal 14-18 Maret 2022, yang bertempat di Lapangan Lanud Sulaiman, Soreang.

 

Sebelum melakukan tes, para peserta diwajibkan untuk sarapan pagi dengan bahan pangan berat. Contohnya seperti nasi, roti, jagung atau yang mengandung karbohidrat lainnya. Sebelum itu para peserta juga harus di tes apakah memiliki penyakit bawaan atau tidak.

 

Latihan fisik yang dibutuhkan dalam pengetesan ini ialah kemampuan daya tahan dan kekuatannya. Latihan daya tahan yang dibutuhkan ketika tes di Mitshubishi yaitu lari minimal 4000 meter atau bisa juga berlari mengelilingi lapangan standar nasional sebanyak 8-10 keliling. Latihan kekuatan daya tahan juga bisa dengan melakukan Push Up, Sit Up, dan Back up. Sampai saat ini syukurnya banyak siswa SMK Assalaam yang cukup antusias dalam mengikuti tes lowongan kerja di Mitshubishi.

 

Sebagaiman yang disampiakan oleh Bapak Sofwan Munawar selaku pelatih dalam persiapan tes fisik ini. "Persiapan yang harus dilakukan sebelum mengikuti tes fisik yaitu, Pertama, mereka harus mengatur pola istirahat dan pola tidur mereka. Kenapa harus demikian? Karena ketika mengikuti tes fisik nantinya, badan harus dalam keadaan sehat sempurna.  Sebagai pelatih, saya berharap para siswa SMK Assalaam yang mengikuti program ini mendapat kelancaran saat melaksanakan tesnya dan semoga diberi kesehatan agar bisa melaksanakan tes dengan baik."

 

Hal itu juga sejalan dengan yang dilakukan para peserta, seperti persiapan yang lakukan oleh Kang Wahyu dari XII TKRO 1. "Persiapan saya sebelum mengikuti tes ini yaitu, terus melakukan latihan fisik seperti Push Up juga Sit Up. Saya dengan ketat menjaga jam tidur agar teratur. Begitu juga pola makan yang biasanya hanya 2x sehari, berubah menjadi 3x sehari."

 

Selama persiapan sampai pelaksanaan tes fisik ini, tentunya banyak perbedaan dan efek yang dirasa. Seprti yang diungkapkan oleh Teh Tania dari XII TKRO 1, satu-satunya peserta perempuan dari SMK Assalaam. "Setelah mengikuti test fisik ini efeknya kerasa banget, seperti sakit badan juga kaki yang terasa pegal. Semoga sakit ini membuat saya lulus seleksi magang, dan langsung bekerja saat lulus nantinya.

 

Dalam sebuah tes pasti ada keberhasilan dan kegagalan, apapun hasilnya semoga dapat menjadi pembelajaran dan pengalaman yang berharga, yang dapat menjadi motivasi untuk langkah selanjutnya.

"Jika saya lulus dalam tes fisik ini, saya akan melakukan persiapan untuk mengikuti training selama 2 bulan. Kalaupun belum lulus, saya akan mencari harapan baru. Seperti mengikuti untuk tenaga kerja asing dengan pembelajaran paling lama 6 bukan dan paling cepat selama 2 bulan. Dan tes ini, akan saya jadikan pembelajaran agar lebih siap untuk ikut tes-tes lainnya." Pungkas Romansyah, peserta dari kelas XII TKRO 3.

 

Dari 29 peserta seleksi, hanya 2 orang yang gugur. Sejumlah 27 siswa SMK Assalaam Bandung lolos ke tahap selanjutnya yaitu seleksi interview