Stay informed on our news or events!

post

Smkassalaambandung.sch.id - Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2021 merupakan ajang talenta bagi peserta didik SMK di seluruh Indonesia untuk menunjukkan minat dan bakatnya di Bidang Seni. Kegiatan berkesenian menjadi media pengungkapan hati dan ekspresi beragam rasa, karsa, naluri, dan pikiran yang bermuara pada penumbuhan nilai-nilai estetika manusia. Proses kreatif dan daya cipta dalam berkesenian mengungkap kesatupaduan inovasi, ungkapan rasa, emosi yang sangat dalam tentang eksistensi dan esensi kehidupan. Penyelenggaraan FLS2N diharapkan mampu menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi untuk mendukung industri kreatif di Indonesia.

Penyelenggaraan FLS2N merupakan salah satu bentuk implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Melalui kegiatan seni, dapat dikembangkan nilai-nilai karakter sebagai harmonisasi antara olah pikir, olah rasa, olah hati dan olah raga untuk membentuk manusia sejati dan menjadi sarana peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Melalui FLS2N Jenjang SMK diharapkan dapat mengasah karakter peserta didik SMK Indonesia dengan beraneka ragam bahasa, budaya, kesenian yang dilahirkan dan diwariskan para leluhur kita dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Melalui kegiatan FLS2N diharapkan dapat dipupuk toleransi, kolaborasi, dan kebersamaan dalam bingkai Peradaban Nusantara yang kaya raya.

SMK Assalaam turut serta dalam FLS2N ini, dengan mengirimkan beberapa siswa berbakat yang terpilih. Yaitu untuk bidang lomba Menyanyi Solo yang diwakili oleh Rifa Fauziah dari kelas XI RPL 2, Solo Gitar yang diwakili oleh Sultan Darryl D. dari kelas XI RPL 3, Monolog yang diwakili oleh M. Syarif Hidayat dari kelas XI TBSM 2, dan Seni Lukis yang diwakili oleh Fani Ramadhanty dari kelas XI RPL 1.

Sebelum ke tingkat Nasional, kami mengikuti tahap seleksi terlebih dahulu yang diselenggarakan oleh MGMP Seni Budaya Kabupaten Bandung. Peserta yang mengikuti FLS2N ini adalah seluruh siswa-siswi SMK yang ada di wilayah Kabupaten Bandung. Dikarenakan masih pandemi, perlombaan pun dilaksanakan secara virtual dengan mengirimkan rekaman karya masing-masing peserta.

Para peserta melakukan persiapan dengan latihan secara rutin dan melihat referensi dari para pemenang FLS2N di tahun sebelumnya. Alhamdulillah karena setiap proses tidak akan berkhianat pada hasilnya. SMK Assalaam meraih juara 3 pada bidang Lomba Seni Lukis, sebuah lukisan yang mewakili legenda kota Bandung dan Solo Gitar dengan menyajikan lagu Mojang Priangan. Setelah persaingan yang begitu sengit, dan penilaian yang lumayan alot karena banyaknya antusias peserta yang ikut serta, karena semua peserta merupakan perwakilan terbaik dari masing-masing sekolah.

Mudah-mudahan masih banyak kesempatan untuk SMK Assalaam maju ke FLS2N Nasional. Berganti tahun, berganti siswa mudah-mudahan makin melahirkan siswa-siswi yang berbakat. Tetap berjuang dalam meraih kesuksesan.